Bagikan :
Responsive image

PENCAPAIAN MAHASISWA KKN 53 UNEJ DALAM PENGABDIAN MASYARAKAT DI DESA ARJASA


            Arjasa adalah desa yang terletak di Kecamatan Arjasa, Kabupaten Jember. SMP Arjasa merupakan salah satu sekolah menengah pertama yang ada di Desa Arjasa sehingga memiliki peran penting dan utama dalam proses transfer ilmu. Kendala utama yang dirasakan akibat adanya imbauan untuk melakukan pembelajaran secara daring adalah kemampuan guru yang rata-rata berusia lanjut dalam menangkap dan beradaptasi pada perkembangan teknologi yang ada. Perubahan metode belajar-mengajar secara online juga berdampak bagi siswa maupun orang tua yang dapat dibilang masih kurang terbuka terhadap kemajuan dan perkembangan teknologi, jaringan internet kurang memadai, keterbatasan sarana dan prasarana, salah satunya banyak masyarakat yang masih belum memiliki laptop sehingga transfer ilmu dalam belajar menjadi tidak efektif. Berdasarkan masalah tersebut, penulis selaku pelaku KKN bertujuan untuk melakukan pendampingan pembelajaran secara daring kepada guru dan siswa dalam pengaplikasian teknologi yang ada untuk tetap dapat melakukan tatap muka meskipun terkendala jarak dengan segala keterbatasan yang dimiliki.

            Kegiatan dilaksanakan selama 45 hari dimulai sejak 1 Juli 2020 sampai tanggal 14 Agustus 2020. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan KKN adalah dengan pendampingan secara langsung (offline). Proses pelaksanaan terbagi menjadi 5 minggu aktif kegiatan yang dimulai dari survei desa dan juga responden. Selanjutnya di minggu kedua mahasiswa pelaksana kegiatan membuat dan mempelajari materi yang akan dibagikan kepada responden sebelum melakukan pendampingan langsung. Minggu selanjutnya, mahasiswa melakukan pendampingan kepada responden dengan melakukan pengenalan aplikasi videoconference ZOOM MEETING Pada minggu ke 4 mahasiswa membantu menjalankan sistem belajar dari rumah antara mitra (guru) dan murid. Pada minggu selanjutnya dilakukan evaluasi efektifitas dan hasil pendampingan belajar selama masa pandemic COVID 19.

 

(A)                                                                           (B)

Gambar 1. (A) (B) dokumentasi kegiatan

            Kegiatan pengabdian mahasiswa Universitas Jember berjalan sesuai alur kegiatan yang direncanakan. Tujuan pengabdian tercapai, sasaran dapat memahami dan mengaplikasikan aplikasi Zoom Meeting. Pemahaman guru terkait pengaplikasian Zoom Meeting menunjukkan hasil yang positif. Beberapa permasalahan yang muncul selama masa pengabdian pun dapat diatasi dan dicari jalan keluarnya dengan partisipasi dan peran aktif masyarakat Desa Arjasa. (Ida Bagus Sukla Marcello/KKN53UNEJ/Jember/Esti Utarti, S.P, M.Si).