Bagikan :
Responsive image

KKN 78 UNEJ Mengevaluasi Hasil Pemasaran Produk Kripik Singkong Di Desa Jatiroto

NAMA           : Siti Aisyah

NIM                : 171510301022

Fakultas         : Pertanian

DPL                : Ir. Ahmad Adib Rosyadi,S.T.,M.T.

Kelompok      : 76

Berita desa kali ini, saya akan menceritakan program hasil kerja KKN UNEJ yang telah saya lakukan selama 6 minggu. Program kerja yang saya lakukan yaitu proses pembuatan dan pengemasan suatu produk, pendampingan penjualan secara offline, pembuatan dan pengoperasian sosial media, membuat buku keuangan hasil penjualan, evaluasi hasil pemasaran. Salah satu usaha kripik singkong yang terdampak penurunan ekonomi dimana menjadi sasaran pemberdayaan saya di Desa jatiroto. Lokasi tempat pembuatan kripik singkong berada di dusun sikatan Desa jatiroto Kecamatan Sumberbaru. Oleh karena itu diperlukan adanya pemasaran atau pemberdayaan terhadap usaha kripik singkong.

Pemasaran terhadap usaha kripik singkong ini yaitu dengan penggunaan media sosial apalagi kondisi pandemi saat ini membutuhkan adanya pemasaran dalam usaha yang dijalankan oleh wirausaha. Pemasaran yang saya jalankan ialah menggunakan media sosial dan promosi lebih kreatif di instagram dan facebook. Sebelum menjalankan pemasaran online saya membantu sasaran membuatkan akun sosial media seperti facebook dan instagram untuk proses pemasaran secara online. Selain pemasaran online juga ada pemasaran offline yang saya lakukan dalam program kerja kkn ini. Promosi pemasaran offline dengan datang ketoko toko buat menitipkan kripik singkong dengan jangka satu minggu kepemilik toko.

Description: C:\Users\Hawletpackard\Documents\WhatsApp Image 2020-08-27 at 07.54.39.jpeg         Description: C:\Users\Hawletpackard\Documents\WhatsApp Image 2020-08-27 at 10.30.58.jpeg

Description: C:\Users\Hawletpackard\Downloads\WhatsApp Image 2020-08-27 at 10.49.28.jpeg     Description: C:\Users\Hawletpackard\Downloads\WhatsApp Image 2020-08-27 at 09.33.02.jpeg

Hasil yang didapat dari pemasaran online dan offline ini lebih banyak mendapatkan pelanggan yaitu dengan pemasaran offline. Karna menurut sasaran pemasaran offline ini lebih gampang datang ketoko-toko yang terdekat sampai yang terjauh. Sejak dibantu saya untuk buat promosi kripik singkong ini ketoko-toko terdekat saya mendapatkan pelanggan baru sekitar 5 toko buat di jadikan pelanggan tetap. Sedangkan promosi kripik singkong ketoko-toko yang jauh saya mendapatkan pelanggan 7 toko yang ada di jember kota.

Description: C:\Users\Hawletpackard\Downloads\WhatsApp Image 2020-08-27 at 11.27.41.jpeg Description: C:\Users\Hawletpackard\Downloads\WhatsApp Image 2020-08-27 at 11.13.39.jpeg

Promosi yang dilakukan secara online seperti di facebook, instagram itu masih belum mendapatkan hasil untuk menambahkan pelanggan. Disini saya juga membantu promosi kripik singkong ini lewat dari akun sosial pribadi saya, tapi sama saja tidak mendapatkan hasil yang saya harapkan. Pembeli yang beli kripik singkong dari akun sosial media saya cuma satu orang saja. Sedangkan pembeli yang lewat dari akun sosial media sasaran cuma orang. Jadi hasil yang didapat dari pemasaran online masih belum bisa di dapatkan dengan baik. Kendala pada kkn ini yaitu terkendala dengan sinyal jadi terhambat buat promosi produk secara online, terkendala pada bahan untuk pembuatan kripik singkong, dan terkendala dengan ekonomi. ..(Siti Aisyah/ KKN 76/ Ir. Ahmad Adib Rosyadi,S.T.,M.T.)