Bagikan :
Responsive image

KKN 76 UNEJ PROGRAM PEMBELAJARAN SECARA DARING SELAMA MASA PANDEMI COVID 19

Konsep sekolah di rumah (home-schooling) tidak pernah menjadi arus utama dalam wacana pendidikan nasional. Meski makin populer, penerapan pembelajaran online (online learning) selama ini juga terbatas pada Universitas Terbuka, program kuliah bagi karyawan di sejumlah universitas dan kursus-kursus tambahan (online courses). Tapi, kebijakan physical distancing untuk memutus penyebaran wabah, memaksa perubahan dari pendidikan formal di bangku sekolah menjadi belajar dari rumah, dengan sistem online, dalam skala nasional. Bahkan, ujian nasional tahun ini terpaksa ditiadakan. Pembelajaran online ini diterapkan kepada semua jajaran pendidikan, dan tidak semua pendidikan yang mampu melakukan kegiatan belajar dan mengajar seacara online (daring). Terutama untuk guru dan siswa sekolah dasar yang masih belum mahir teknologi media sosial atau internet untuk belajar, dan menggajar, terutama di berbagai daerah yang belum begitu menggunakan teknologi untuk belajar. Salah satunya desa Kencong, kecamatan Kencong, kabupaten Jember. tidak semua jenjang pendidikan menggunakan media online untuk pembelajaran. Terutama untuk siswa sekolah dasar yang masih harus belajar tatap muka karena anak sekolah dasar belum begitu mengenal sosial media dengan cukup baik terutama di berbagai daerah yang termasuk pedesaan tak terkecuali desa Kencong, kecamatan Kencong, kabupaten Jember.

Kencong memilki lebih dari 10 sekolah tingkat dasar baik SD maupun MI, 2 SMP negeri dan 1 SMA negeri, 1 institusi perguruan tinggi islam, Pondok pesantren, hingga sekolah kejuruan swasta. Semua lembaga tersebut menerapkan pembelajaran secara online (daring). Dan pembelajaran secara daring yang dilakukan masih belum maksimal terutama sekolah dasar tersebut. Alasan inilah yang menggerakkan masiswa KKN unej untuk membatu menyelesaikan dan memberi solusi dari permasalahan yang ada. Melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Back To Village Universitas Jember, mahasiswa membatu mengenalkan platform pembelajaran online (daring)  dengan mudah dan menyenangkan untuk anak sekolah dasar agar mereka tidak bosan untuk belajar. Platform online yang dikenalkan antara lain Rumah Belajar Kemendikbud dan Edmodo Sasaran kegiatan KKN adalah siswa sekolah dasar mulai dari kelas kecil hingga kelas besar di desa Kencong. 

Pelatihan yang telah dilaksakan melalui kelas yang sudah dibuat oleh mahasiswa KKN dengan anggota terdiri dari peserta, mentor beserta pemateri. Kelas tersebut terdiri dari 2 kelas dengan 1 pertemuan. 

1. Kelas pertama “pengenalan platform pembelajaran online (daring) secara mudah dan menyenangkan untuk siswa agar siswa tidak mersa bosan” dilaksanakan pada hari Kamis 6 Agustus 2020 di rumah Crisnia Dinda yang dilakukan secara offline dengan penyampaian materi berupa pengenalan platform, pembuatan akun, pengenalan fitur beserta cara mengakses beberapa platform yaitu Edmodo.

 2. Kelas kedua “pengenalan platform pembelajaran online (daring) secara mudah dan menyenangkan untuk siswa agar siswa tidak mersa bosan” dilaksanakan pada hari Rabu 12 Agustus 2020 di rumah Crisnia Dinda yang dilakukan secara offline dengan penyampaian materi berupa pengenalan platform, pembuatan akun, pengenalan fitur beserta cara mengakses beberapa platform yaitu Rumah Belajar Kemendikbud. 

Kelas yang sudah dilaksakan tersebut dapat sebagai pengetahuan baru untuk siswa yang belum penah mengenal, dan memudahkan siswa untuk belajar secara online (daring) dengan menyenangkan dan mudah selama masa pandemi COVID19  ini. ( Crisnia Dinda Paramitha Aan Kusumawati / Ir. Ahmad Adib Rosyadi, S. T., M. T / 76 )